10 Cara Memanfaatkan Laptop yang Tua

Dibuang sayang. Pernyataan ini cocok untuk hampir semua barang elektronik yang mulai suka rewel atau ketinggalan teknologi. Apalagi, daur ulang di Indonesia belum sampai pada tahap yang bisa memproses sampah elektronik secara aman kembali ke siklus produksi. Daripada menambah tumpukan sampah yang mencemari lingkungan, ada baiknya laptop tua diberdayakan untuk tujuan lain.

10 Cara Memanfaatkan Laptop Tua

Asalkan tidak rusak, laptop tua tetap bisa diambil manfaatnya. Sebelum menyulap laptop tua menjadi apa pun, pastikan laptop tersebut bekerja baik dan bersihkan secara benar dengan mengikuti petunjuk cara membersihkan layar laptop dan bagian-bagian lainnya di situs Bersih bersih. Berikut ini beberapa ide dasar yang bisa Anda terapkan atau bahkan kembangkan lebih jauh.

1. Mutakhirkan sistemnya
Perangkat keras laptop boleh tua, tetapi yang penting perangkat lunaknya tetap mutakhir. Format ulang laptop Anda setelah memindahkan data-data penting ke laptop baru, lalu pasang produk atau versi sistem operasi paling baru yang didukung spesifikasi laptop tua Anda tanpa mengorbankan kecepatan. Atau, jika memungkinkan, langsung tingkatkan ke versi sistem operasi yang lebih baru tanpa memformat ulang.

2. Utak-atik untuk bereksperimen
Ibarat mobil tua yang sudah lecet di sana-sini, laptop tua bisa dipakai untuk apa saja tanpa takut merusaknya. Kondisikan laptop tua tersebut untuk mendukung eksperimen yang akan Anda lakukan. Anda bisa mulai dengan mencoba-coba memasang sistem operasi Linux, lalu coba pasang sistem operasi ganda, kemudian utak-atik konfigurasinya, dan seterusnya. Bagi mereka yang memiliki rasa penasaran lebih besar, gunakan laptop tua untuk belajar bahasa pemrograman, mulai bahasa mesin yang paling primitif sampai bahasa yang paling mendekati bahasa manusia.

3. Jadikan pemutar video atau musik
Buang semua program dan matikan semua fitur yang tidak diperlukan dan hanya sisakan perangkat lunak pemutar musik atau video. Hubungkan ke pengeras suara atau ke layar yang lebih besar untuk menciptakan ruang multimedia di rumah sendiri. Karena khusus memutar musik atau video, laptop ini tidak akan terganggung aktivitas lain.

4. Tingkatkan memorinya
Dengan sedikit biaya, Anda bisa memutakhirkan perangkat keras laptop tua. Beli kartu memori untuk meningkatkan kecepatannya. Setelah mencapai kecepatan yang diinginkan, Anda bisa memakainya untuk program-program yang lebih canggih.

5. Pakai untuk media belajar anak
Terlalu berat memercayakan laptop baru kepada anak? Berikan laptop tua yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak dan ajarkan beberapa keterampilan komputer dasar. Dari sini, anak mungkin akan menunjukkan minatnya pada bidang-bidang tertentu. Memperkenalkan permainan komputer dan internet tidak ada salahnya asalkan Anda tahu cara memberikan batasan yang jelas.

6. Ubah menjadi bingkai foto digital
Pamerkan foto-foto digital Anda yang selama ini tersimpan. Cukup dengan program bawaan sistem operasi, atur agar foto-foto digital ditayangkan bergantian secara otomatis. Untuk ide ini, terapkan cara membersihkan layar laptop untuk mendapatkan layar yang jernih sehingga bisa menampilkan foto secara prima. Dengan sedikit usaha, Anda bisa mengakali agar layar laptop menggantung pada dinding atau di atap tanpa memperlihatkan papan ketiknya.

7. Jadikan hotspot darurat
Perluas jangkauan wi-fi di rumah hingga mencapai kamar tidur, dapur, atau halaman belakang kalau perlu. Gunakan laptop tua sebagai hotspot. Agar memancarkan sinyal yang lebih kuat, hubungkan laptop tua dengan router melalui koneksi kabel, lalu tempatkan laptop di lokasi yang tidak terjangkau langsung oleh sinyal router utama.

8. Selamatkan layarnya
Kebanyakan laptop rusak hanya pada mesinnya. Dalam situasi ini, selamatkan layarnya untuk diubah menjadi layar eksternal. Gunakan untuk layar tambahan di samping layar utama komputer Anda.

9. Bongkar dan pelajari komponen-komponennya
Ambil resiko demi pengetahuan baru. Lepas cangkang laptop tua untuk mempelajari komponen-komponen di dalamnya. Ini bisa menjadi langkah awal mengidentifikasi komponen-komponen yang bisa ditingkatkan. Atau, jika Anda tega, ambil beberapa organ yang masih berfungsi untuk dipasang di laptop lain.

10. Jual
Bahkan laptop rusak pun memiliki nilai jual. Tawarkan laptop tua di forum-forum jual beli online. Atau, bawa laptop tua ke toko laptop bekas, dapatkan taksiran harga, dan pulanglah dengan membawa sedikit tambahan uang jajan.

http://www.jurukunci.net/2014/10/10-cara-memanfaatkan-laptop-yang-tua.html