4 Wisata Geopark di Indonesia yang Mendunia

Di awal tahun 2000an, UNESCO memperkenalkan sebuah istilah yang disebut Geological Park (Geopark) atau taman bumi. Dalam pengertian UNESCO, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka (outstanding), termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat setempat diajak berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam. Di dunia pariwisata, Geopark dapat menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan lokal atau mancanegera.

Agar sebuah kawasan dapat dikategorikan sebagai geopark, ada tiga unsur yang disyaratkan UNESCO antara lain Geodiversity, Biodiversity, dan Culturaldiversity. Dilihat dari unsur tersebut, jelas kalau Indonesia punya banyak kawasan yang sangat potensial untuk menjadi sebuah Geopark. Namun, baru sekitar 4 kawasan geopark di Indonesia yang pamornya sudah mendunia. Mau tahu di mana saja geopark Indonesia berkelas internasional tersebut? Yuk pesan tiket Garuda Indonesia untuk mengunjungi geopark menarik berikut ini:

Geopark Gunungsewu

Geopark Gunungsewu

Source: Phinemo.com

Geopark yang berada di antara provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur ini adalah satu dari beberapa Geopark Indonesia yang sudah dapat pengakuan langsung dari UNESCO. Di Geopark ini, terdapat banyak kekayaan alam yang membentang hingga 85 km dengan luas endapan gamping yang mencapai 1.300 kilometer persegi. Di kawasan Gunungsewu pun terdapat sekitar 40.000 bukit karst yang sangat eksotis. Di dalamnya, terdapat pula goa-goa menawan seperti Luweng Jarang di pacitan yang membentang sepanjang 25 km dan Luweng Ngepoh yang kedalamannya mencapai 200 meter. Kedua goa ini adalah yang terpanjang dan terdapam di Geopark Gunung Sewu. Kawasan ini juga memiliki spesia unik seperti serangga, ikan, hingga kustasea goa yang mampu membuat kawasan tersebut terasa semakin hidup.

Geopark Gunung Batur

Kawasan yang berada di pulau bali ini jadi geopark pertama di Indonesia yang diakui UNESCO. Penetapan Kawasan Gunung batur sebagai salah satu Geopark dunia diberikan pada tahun 2012. Penetapan ini membuat kawasan Gunung Batur menjadi Global geopark dengan jaringan yang tersebar di 27 negara.

Gunung setinggi 1.717 mdpl ini memang memiliki lanskap yang menarik. Di sana, terdapat kaldera seluas 16km persegi yang terbentuk akibat erupsi dahsyat pada puluhan ribu tahun lalu. Kawah letusan itu pun berubah menjadi danau vulkanis yang indah berbentuk seperti bulan sabit. Tak hanya itu, kehidupan di kaki gunung Batur pun terkenal dengan kebudayaannya yang kuat seperti tradisi pemakaman unik di desa Trunyan dan masih banyak lagi.

Geopark Rinjani

Gunung Rinjani di Pulau Lombok yang menjulang tinggi hingga 3.726 mdpl ini bisa dibilang sebagai salah gunung dengan pemandangan paling cantik di Indonesia. Di puncaknya, kamu bisa melihat keindahan danau vulkanis raksasa berna Sagara Anak di ketinggian 2.000 mdpl. Di tengan danau berwarna biru ini, muncul anak gunung Rinjani yang dikenal dengan sebutan Gunung Baru Jari yang eksotis. Kawah raksasa ini terbentuk akibat letusan Gunung Samalas (Cikal bakal Gunung Rinjani) di abad 13 yang konon termasuk yang terbesar di dunia. Kekuatan letusan ini bahkan sanggup membuat bumi kehilangan musim panas selama satu musim karena abu vulkanik yang dikeluarkan menutupi atmosfir.

Tak hanya kawahnya, Rinjani pun memiliki banyak air terjun, mata air, dan sumber air panas yang cantik. Tanah di gunung Rinjani pun sangat subur sehingga masyarakat setempat mampu menghasilkan perkebunan terbaik di Indonesia. Hebatnya lagi, kamu juga masih bisa menemukan kearifan budaya dari penduduk asli Pulau Lombok yang disebut Suku Sasak. Rinjani pun pernah mendapat pujian dari UNESCO saat gelaran ‘The 7th International Conference on UNESCO Global Geopark 2016 yang diselenggarakan di Inggris. Pujian ini diberikan karena Geropark Rinjani bernar-benar mampu memberikan banyak manfaat bagi penduduk di sekitarnya.

Geopark Kaldera Toba

Danau Toba di Sumatra Utara terkenal sebagai danau vulkanik yang terbentuk akibat erupsi gunung Toba purba puluhan ribu lalu yang sangat dahsyat. Kini, sisa erupsi tersebut telah berubah menjadi sebuah kawasan yang sangat menawan. Di danau setinggi 90 mdpl dengan panjang 87 km dan lebar 27 km ini, kamu dapat menemukan berbagai keindahan alam dan keunikan budaya masyarakat setempat. Di tengah danau Toba, terdapat pulau vulkanis kecil di ketinggian 900-1600 mdpl yang berhasil menambah daya tarik danau vulkanik ini. Hebatnya, Kaldera Toba diakui sebagai danau vuklanik terbesar yang ada di dunia. Hal ini tak lepas dari status gunung Toba purba yang dikategorikan sebagai supervolkano.

Sekarang, yuk pesan tiket Garuda Indonesia dan kunjungi keempat geopark tadi agar namanya semakin mendunia. Selain Garuda Indonesia, kamu juga bisa menggunakan maskapai penerbangan lainnya seperti Citilink. Kamu dapat melakukan pemesanan tiket Citilink di reservasi.com.

Di reservasi.com, kamu dapat pesan tiket Garuda Indonesia dan tiket Citilink dengan penawaran harga terbaik.

4 Wisata Geopark di Indonesia yang Mendunia | lagu | 4.5

Leave a Reply

Close
Join me: