Alunan gamelan dan sinden asal Budapest pukau publik Ceko

London (ANTARA News) – Alunan gamelan Jawa dan nyanyian pesinden asal Budapest memukau ratusan pengunjung yang hadir pada Konser Musik Vychodni Inspirace v Nove Hudbe (Inspirasi Timur dalam Musik Terkini) yang digelar di gedung pertunjukkan Academy of Performing Arts in Prague, Selasa malam waktu Praha.

Pentas tersebut merupakan even tahunan unggulan Jurusan Drum, Fakultas Musik dan Tari, Academy of Performing Arts in Prague yang juga diikuti musik dari India dan kawasan Timur Tengah, demikian Sekretaris III Penerangan, Protokol dan Konsuler KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Jumat.

Pentas gamelan dimainkan grup Gamelan binaan KBRI Praha, Wirama Galih, yang dipimpin Marton Szatai (31) dengan sinden Dora Gyorfi, perempuan asal Budapest, Hungaria yang berusia 26 tahun, mantan Dharmasiswa, sama-sama belajar seni gamelan dan sinden di Insitut Seni Indonesia Surakarta.

Marton dan Dora menyatakan mencintai kesenian gamelan dan sinden sejak pertama kali mendengarkan alunannya yang lembut dan menenangkan. Keduanya berharap dapat terus pentas sehingga gamelan dan sinden semakin dikenal oleh masyarakat Ceko.

Gamelan Wirama Galih dibentuk pada tahun 2013, beranggotakan staf KBRI Praha dan masyarakat Ceko telah pentas di berbagai event diplomatik dan seni di Praha.

Dikatakannya gamelan tersebut dinamakan Wirama Galih, yang berarti Irama di Dalam Hati, karena dalam bermain gamelan masing-masing pemain harus mendengarkan satu sama lain dengan hati.

Duta Besar RI Praha, DR. Aulia Aman Rachman yang hadir pada pertunjukkan tersebut mengatakan promosi seni dan budaya Indonesia diarahkan untuk pencapaian diplomasi ekonomi, yakni menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata bagi publik Ceko. Dubes Aulia berkomitmen untuk terus mengenalkan seni dan budaya Indonesia kepada publik Ceko secara luas.

Beberapa pengunjung yang hadir mengatakan dapat menikmati alunan musik gamelan dan mengagumi bagaimana kolaborasi instrumen dapat menghasilkan bunyi yang cantik, walaupun tidak memahami apa yang dinyanyikan pesinden.

Pada pertunjukkan tersebut, sebagai bagian dari promosi wisata Indonesia, KBRI Praha menggelar booth berisi leaflet informasi wisata dan suguhan penganan kecil khas Indonesia.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Alunan gamelan dan sinden asal Budapest pukau publik Ceko. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)