Bagaimana Nasib Asmirandah Jika Pernikahannya Dibatalkan?

DEPOK  — Secara mengejutkan, Asmirandah melakukan permohonan pembatalan perkawinan ke Pengadilan Agama (PA) Depok. Pembatalan perkawinan merupakan kasus yang jarang ditemui di kalangan selebriti.

Pembatalan pernikahan berbeda dengan perceraian. Sesuai dengan pasal 71 Kompilasi Hukum Islam, pernikahan dapat dibatalkan apabila poligami tanpa izin, perempuan dikawini, kemudian masih menjadi suami lain, perempuan masih masa iddah, perkawinan yang melanggar batas umur perkawinan, dan perkawinan yang dilaksanakan dengan paksaan.

Pembatalan perkawinan juga dapat dilakukan oleh salah suami atau istri, keluarga dengan garis ke atas (orangtua), dan institusi terkait.

Menurut Humas PA Depok, Suryadi S.Ag, S.H, yang menangani kasus Asmirandah dan Jonas Rivanno, akibat hukum antara perceraian dan pembatalan perkawinan juga berbeda.

“Akibat hukum berbeda dengan penceraian. Dalam pembatalan nikah, ya tidak seperti perceraian, pembatalan karena substansi itu, batal pernikahan. Jika batal pernikahan, tidak ada kewajiban seperti menafkahi seperti perceraian,” ungkap Suryadi saat ditemui di kantornya, Sukmajaya, Depok, Senin (25/11/2013).

Pernikahan Andah dan Vanno memang menjadi sorotan publik. Awalnya, Andah mengingkari pernikahan yang dilangsungkan pada 17 Oktober lalu. Namun, pada 15 November Andah mengakui Vanno pernah mualaf.

Pernyataan Vanno pernah mualaf lantas menjadi permasalahan baru. Sejumlah tokoh dan ormas keagaman menilah pernikahan Andah dan Vanno telah gugur seiring berpindahnya Vanno ke agama semula.

Sumber : http://celebrity.okezone.com

Bagaimana Nasib Asmirandah Jika Pernikahannya Dibatalkan? | Keti Peri | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better