Belum Fasih Berbicara, Isyana Kecil Sudah Bisa Main Piano

Isyana Sarasvati lahir dari orangtua yang mencintai dunia seni, dan mengenalkannya pada beragam musik sejak kecil. Percayakah Anda, Isyana bahkan sudah bisa main piano saat dirinya belum fasih berbicara?

Orangtua Isyana, Luana Marpanda dan Sapta Dwikardana sudah rutin mengajak Isyana kecil untuk menonton pertunjukan musik. Saat usia 3 tahun, Isyana dan kakaknya Rara Sekar menetap di Belgia selama hampir tujuh tahun. Ayahnya saat itu sedang menempuh pendidikan untuk gelar S3.

“Setiap ibu aku mengambil music peformance, kita selalu diajak ke convention yang di situ banyak lukisan-lukisan setiap composer,” kisah Isyana mengenang masa kecilnya kepada detikHOT.

Kebiasaan kedua orangtua Isyana selalu mengajak dia menyaksikan pertunjukan musik, otomatis membuat pelantun ‘Tetap Dalam Jiwa’  itu sangat lekat dengan pertunjukan seni. “Dibawa nonton dan itu secara konsisten ada tekanan di dalam diri aku. Dari kecil itu ibuku bilang aku bisa main piano dulu daripada ngomong,” lanjutnya.

Bakat Isyana dalam memainkan nada-nada di electone, terus diasah dan berkembang seiring dengan perkembangan usianya. Ketika berusia 7 tahun, Isyana secara tak sadar memainkan electone mengikuti instingnya, lalu direkam dan menghasilkan sebuah komposisi musik.

“Jadi kayak bertema gitu, ada yang temanya Arab, China, ada yang temanya Western, ternyata itu (bikin komposisi musik) aku dari umur 7 tahun,” kata dara yang kini berusia 23 tahun itu.

Isyana dan sang kakak, Rara Sekar memang terlahir dari kedua orangtua yang sangat disiplin akan pendidikan. Ayahnya seorang dosen di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Tak heran jika pemilik nama lengkap Isyana Sarasvati itu juga didukung penuh mengasah bakatnya dari jalur akademis.

Isyana mendapatkan beasiswa penuh di Nanyang Academy of Fine Arts jurusan Music Peformance, dan lulus pada tahun 2013. Selain itu Inyong —panggilan akrab Isyana—juga mendapatkan beasiswa dari Royal College of Music London, Inggris dan menyelesaikan pendidikannya dengan predikat cumlaude.

“Pas pulang ke Indonesia langsung ikut kursus serius dan nggak ada paksaan dari orangtua. Jadi kayak benar-benar aku kecil itu…Biasanya kan anak kecil itu mau nonton (TV), aku main piano 8 jam sehari,” katanya lagi seraya tertawa.

Kecintaannya terhadap musik, terutama bermain piano memang bukan desakan dari orangtua. Isyana menuturkan, justru kebiasaannya main piano hingga 8 jam sehari itu kerap mendapatkan teguran dari orangtuanya.

Sejak itulah, ibunda Isyana mendaftarkan dirinya untuk mengikuti berbagai macam perlombaan. “Dan akhirnya ibu aku mendaftarkan aku ke lomba electone dan langsung menang ke tingkat nasional. Itu masih umur 9 tahun,” kata pemilik tinggi badan 168 cm dan berat 52 kg itu.

Isyana juga memainkan lagu ‘Wings of Your Shadow’ di International Junior Original Concert 2008 di Bunkamura, Tokyo, Jepang. Hingga kini lagu komposisinya masih menjadi lagu wajib para siswa musik organ di seluruh dunia.

Masih banyak cerita menarik dari Isyana, termasuk tentang dirinya yang kesulitan berbahasa Indonesia waktu kecil. Simak terus Celeb of the Month detikHOT!

(mah / ich)

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
email: sales[at]detik.com

sumber:http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656091/s/4ec6ab85/sc/38/l/0Lhot0Bdetik0N0Cread0C20A160C0A40C0A70C130A0A250C31820A490C230A0Cbelum0Efasih0Eberbicara0Eisyana0Ekecil0Esudah0Ebisa0Emain0Epiano/story01.htm

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Belum Fasih Berbicara, Isyana Kecil Sudah Bisa Main Piano. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)