Billy Joel dapat anugerah musik dari perpustakaan terbesar AS

New York (ANTARA News) – Penyanyi dan penulis lagu yang juga pemenang Grammy Award Billy Joel, yang sukses berkat lagu-lagu hits seperti “Piano Man” dan “New York State of Mind,”  mendapat penghargaan Library of Congress Gershwin Prize untuk kategori Lagu Pop, umum perpustakaan AS yang adalah perpustakaan terbesar di dunia, Library of Congress, Rabu, seperti dikutip Reuters.

Joel, usia 65 tahun, adalah penerima keenam untuk penghargaan sekali seumur hidup yang diberikan kepada orang-orang ytang mendedikasikan diri pada bidang musik populer.

Nama penghargaan ini diambil dari nama dua penulis lagu bersaudara, George dan Ira Gershwin.

“Billy Joel adalah seorang pencerita terhebat,” kata James H. Billington dari Library of Congress.

“Ada keintiman antara lagu gubahannya yang menjembatani kesenjangan antara pendengar dengan dunia yang dia bagi melalui musik.”

Joel yang telah berkarir selama 50 tahun, adalah salah satu artis terpopuler dan memiliki 33 lagu masuk 40 hits.

Dia pernah memenangi Grammy untuk  lagu dan album terbaik tahun 1978, “Just the Way You Are.”

Dia juga meraih Grammy Legend Award pada 1990 dan masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1999.

“Komponis hebat George Gershwin, adalah inspirasi pribadi saya selama karir saya. Dan keputusan Library of Congress untuk memasukan saya ke kumpulan penulis lagu yang menerima penghargaan ini adalah tonggak sejarah bagi saya,” kata Joel.

Penyanyi kelahiran New York ini akan menerima penghargaan di Washington D.C. November mendatang dan akan mendapat banyak penghormatan dari serangkaian acara.

Carole King, Paul Simon, Stevie Wonder, Sir Paul McCartney dan duo penulis lagu Burt Bacharach dan mendiang Hal David  adalah penerima penghargaan ini sebelumnya, demikian Reuters.

Billy Joel dapat anugerah musik dari perpustakaan terbesar AS | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better