Ini Dia Cara Ampuh Menghemat Konsumsi Listrik di Kawasan Industri

Di sektor industri penggunaan alat penghemat listrik terbaik ternyata sangatlah penting untuk meminimalisir biaya operasional. Sekaligus membantu PLN untuk menghemat pasokan listrik agar semua daerah di Indonesia mendapatkan bagian energi listrik secara adil. Biaya listrik di sebuah industri memang menelan biaya yang cukup tinggi setelah biaya pengadaan bahan baku. Fakta ini kemudian penting untuk dijadikan perhatian supaya bisa belajar lebih berhemat demi keberlangsungan energi listrik itu sendiri.

Cara Menghemat Listrik di Kawasan Industri

penghemat listrik skala industri

Meskipun konsumsi listrik di kawasan industri terhitung tinggi namun dengan beberapa upaya berikut bisa lebih hemat:

  1. Menggunakan sumber listrik yang lebih hemat energi,
    Upaya pertama untuk menjadikan konsumsi listrik di sebuah industri lebih efisien adalah menggunakan sumber listrik yang hemat energi. Sudah banyak perusahaan berbasis energi menyediakan layanan perangkat instalasi listrik yang hemat energi. Sehingga membantu industri yang Anda kelola menghemat penggunaan energi listrik secara maksimal, dan tentu manfaatnya akan dirasakan dalam jangka panjang.

  2. Rutin memeriksa sistem pencahayaan,
    Merancang kawasan industri dengan pencahayaan alami tentu memberi solusi penghematan energi listrik jangka panjang. Bisa dimulai dari desain gedung operasional yang menempatkan banyak ventilasi dan juga memilih menempatkan jendela besar memakai kaca. Sehingga ketika siang meski cuaca mendung tidak perlu menyalakan lampu melainkan mengandalkan cahaya matahari. Kemudian untuk pencahayaan di waktu malam lebih dianjurkan memakai lampu LCD yang konsumsi energi listriknya lebih efisien dan juga lebih awet.
  3. Mengganti mesin yang usang dengan yang baru,
    Lingkungan industri erat kaitannya dengan mesin-mesin produksi yang tentu konsumsi listriknya cukup tinggi. Alangkah baiknya melakukan regenerasi pada mesin produksi yang sudah usang dilakukan secara berkala. Pasalnya mesin yang sudah tua umumnya mengalami penurunan performa sehingga kapasitas produksinya cukup rendah padahal penggunaan energi listriknya tetap. Pertimbangkan untuk dijual dan diganti dengan mesin baru yang performanya masih baik supaya efisien. Jika membutuhkan perangkat untuk menghemat daya listrik maka bekerja dengan Sewatama adalah jawabannya, yang menyediakan genset maupun sumber listrik hemat energi terbaik di Indonesia.
Ini Dia Cara Ampuh Menghemat Konsumsi Listrik di Kawasan Industri | lagu | 4.5

Leave a Reply

Close
Join me: