Cara yang benar merawat gitar elektrik

Jakarta (ANTARA News) – Bagi pemakai gitar elektrik, ada cara-cara yang benar untuk merawat gitar supaya awet.

Berikut cara yang benar untuk merawat gitar seperti disampaikan pecinta gitar sekaligus marketing showroom Bahana Musik, Rezakun.

“Yang terpenting perawatan rutin terhadap senar, neck dan hardware,” ujarnya.

Rezakun ditemui di Pro-Audio, Lighting, Entertainment Technology Show (Palents) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Untuk senar, lanjutnya, disarankan usai memainkan jangan lupa diusap menggunakan kain kering dengan pembersih khusus senar.

“Jangan terlalu ketat dan terlalu kendor senarnya karena mempengaruhi neck dan akan terangkat sehingga harus stabil,” katanya.

Senar memiliki batas pemakaian, yakni dua bulan untuk gitar dan empat bulan untuk bass.

Merk senar juga berpengaruh terhadap kualitas suara maupun gitar sehingga harus dicocokkan senar dengan merk dan jenis gitar.

Membersihkan neck juga sebaiknya tidak menggunakan kain atau cairan pembersih. Setelah bermain, pastikan diusap kain bersamaan dengan senar.

Berikutnya tentang perawatan hardware, wajib membersihkannya dengan minyak khusus, tidak disamakan dengan cairan pembersih lainnya.

“Pastikan juga potensio atau pengatur volume, bass dan treable dibersihkan dengan cara dicek bagian dalam. Cukup semprot dengan pembersih hardware seperti WD-40,” katanya.

Jika potensio dibiarkan tak terawat, maka pengaruhnya akan muncul pada suara yang dikeluarkan dan tidak berfungsinya potensio jika diputar.

Yang tidak kalah penting adalah penyimpanan gitar tidak boleh dalam udara lembab.

Saat tidak dipakai, kata Rezakun, pastikan posisi gitar berada di stand gitar, atau jika tidak punya maka posisi gitar lebih baik ditelentangkan dengan senar menghadap atas.

“Jika ingin menempeli stiker, jangan sampai menutup seluruh bodi gitar. Ingin dihiasi airbrush boleh, tapi jangan terlalu tebal,” katanya.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Cara yang benar merawat gitar elektrik | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better