Dewa Budjana: tua makin malas latihan musik

Jakarta (ANTARA News) – Gitaris grup musik Gigi, Dewa Budjana berpendapat ada kecenderungan musisi tua yang justru semakin malas berlatih musik sampai terkadang kalah dengan pemusik baru yang masih muda.

“Kadang kita yang sudah terbilang tua suka lupa latihan. Meski begitu, melihat mereka yang muda jadi semangat,” kata Budjana di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis.

Komentarnya itu muncul sesaat sebelum dirinya bersama lima gitaris top Indonesia menggelar konser mereka yang bertajuk “Six Strings Got Ur Back”. Total ada enam master gitar yaitu Dewa Budjana sendiri, Tohpati, Baron, Baim, Eross Chandra dan Andre Dinuth.

“Dinuth adalah gitaris paling muda di sini. Buat belajar lagi bisa liat dari yang muda,” kata pria kelahiran Sumba Barat itu.

Dewa Budjana sendiri merupakan seorang gitaris yang mendapatkan ilmu memetik dawai senar dari belajar sendiri atau otodidak. Bahkan dirinya sempat mencuri uang neneknya Rp10 ribu untuk membeli gitar. Sejak saat itu, gitar tidak bisa dipisahkan dari gitaris kelahiran 30 Agustus 1963 tersebut.

Terkait gitar yang kini dipakainya, dia beranggapan perlu modal banyak untuk memiliki gitar idaman.

“Hobinya cowok memang mahal. Beli alat sukanya yang bagus,” katanya.

Budjana juga menceritakan keakraban dirinya bersama Dinuth dan master gitar Indonesia lainnya karena diawali dari pergaulan mereka lewat media sosial. Mereka berenam sering berdiskusi tentang gitar dan seluk-beluknya lewat media perpesanan Whatsapp.

Dalam interaksi di dunia maya itu berujung pada kopi darat di sela-sela kesibukan mereka masing-masing. Setelah berkumpul mereka membentuk grup Six Strings.

Tohpati mengatakan sejak pertemuan itu, Six Strings mendapatkan tawaran bermain di televisi.

“Terus ada tawaran main di televisi. Waktu itu kepikir untuk sekalian membuat album,” kata dia.

Tidak berhenti pada enam gitaris saja, rupanya mereka menggaet rekan-rekan mereka seperti pemain drum Bowie dan Yandi Andaputra serta pemain bass Fajar Adi Nugroho agar musik menjadi lebih hidup dan berwarna.

Six Strings memiliki album “I Got Your Back” yang terdiri dari 10 lagu, yaitu “Bendera”, “Maju Tak Gentar”, “I Got Your Back”, “Juwita Malam”, “Super Nice Things”, “Baby Crunch”, “Dear Yuliman”, “Men Like Us”, “Monaco” dan “Perpetual Hype”.

Album tersebut dirilis pada Kamis malam, di Graha Bhakti, TIM.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Dewa Budjana: tua makin malas latihan musik | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better