DKJ buka pekan komponis dengan peluncuran antologi

Jakarta (ANTARA News) – Dewan Kesenian Jakarta membuka Pekan Komponis Indonesia 2014 dengan peluncuran “Antologi Musik Klasik Indonesia Seri 1 Vokal dan Piano Seriosa” di Taman Ismail Marzuki (TIM), Selasa.

“Sejak 1968, DKJ memiliki peran membangun kebudayaan dan mengoleksi sejarah kebudayaan Indonesia yang ditunjukkan dengan peluncuran antologi ini,” kata Ketua Pengurus Harian DKJ Irawan Karseno di Jakarta.

Acara tersebut dihadiri para komponis Tanah Air seperti Tri Suci Kamal dan Slamet Abdul Sjukur.

Peluncuran antologi tersebut juga dihadiri oleh para ahli waris dari komponis tanah air, seperti Paulina Dinarsisti yang merupakan ahli waris dari komponis FX Sutopo dan Rahayu Sitompul sebagai ahli waris komponis Binsar Sitompul.

“DKJ memiliki tujuan mengarsipkan karya musik klasik agar bisa diakses masyarakat secara luas,” kata Irawan.

Peluncuran “Antologi Musik Klasik Indonesia Seri 1 Vokal dan Piano Seriosa” merupakan acara awal dari Pekan Komponis Indonesia 2014 dengan tema “Keroncong: Riwayatmu, Kini…” yang digelar oleh DKJ di TIM pada 21-26 Oktober 2014.

Peluncuran antologi juga dimeriahkan dengan Konser Progres Antologi Musik Klasik Indonesia dengan menampilkan beberapa musisi muda dan senior.

“Konser ini mengajak kita mendengar kembali alunan musik klasik Indonesia,” kata Irawan. 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2014

DKJ buka pekan komponis dengan peluncuran antologi | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better