Gilang Ramadhan bangun museum lestarikan tetabuhan indonesia

Jakarta (ANTARA News) – Musisi Gilang Ramadhan akan membangun museum alat tabuh tradisional di Bali untuk melestarikan kekayaan tetabuhan Indonesia dan meregenerasi peminat alat musik itu.

“Saya lagi mempertajam lagi untuk merealisasikan museum tetabuhan di Bali dan meregenerasikannya. Saya ingin melestarikan semua tetabuhan yang ada negara ini,” ujar dia di Jakarta, Sabtu.

Ia berharap nanti dengan adanya museum tetabuhan, tidak ada budaya atau seni tetabuhan asli Indonesia yang diklaim oleh negara lain.

Selain itu dengan adanya museum tetabuhan asli Indonesia, ia yakin akan memberikan efek domino pada semakin dikenalnya budaya Indonesia bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara.

“Saya pilih lokasi di Bali karena infrastruktur dan turisnya sudah jadi, jadi efek dominonya karena ada museum bisa macam-macam,” kata dia.

Gilang kini sedang sibuk keliling daerah-daerah Indonesia untuk mengumpulkan alat tabuh.

Selain itu, Juli 2015 ia akan menggelar pentas untuk anak-anak dari daerah memainkan alat musik tabuh tradisional di Seminyak, Bali, untuk memperkenalkan alat tabuh. Selanjutnya, setelah alat tabuh dimainkan, alat tersebut nantinya akan dipajang di museum itu.

“Dipasanglah tetabuhan itu di museum setelah dimainkan di acara Juli nanti. Kegiatan itu bagian kecilnya sebelum merealisasian bagian yang besarnya yakni museum,” ujar dia.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Gilang Ramadhan bangun museum lestarikan tetabuhan indonesia. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)