Gitar John Lennon yang lama hilang akan dilelang

Los Angeles (ANTARA News) – Gitar langka tahun 1962 milik bekas anggota Beatles, John Lennon, yang pernah hilang akan dilelang tahun ini dan diperkirakan bisa memecahkan rekor penjualan, kata rumah lelang Julien’s Auctions pada Kamis (4/6).

Gitar jumbo J-160E Gibson Acoustic yang dibeli Lennon di Liverpool itu menurut estimasi bisa terjual dengan harga antara 600.000 dolar AS dan 800.000 dolar AS dalam lelang memorabilia rock’n’roll di Beverly Hills pada 6 November mendatang.

Darren Julien, pemilik Julien’s Auctions, menyebut gitar itu sebagai “salah satu temuan terbesar dalam sejarah musik” dan menyatakan penjualannya bisa melampaui rekor lelang senilai 965.000 dolar AS yang dicatat tahun 2013 untuk gitar elektrik milik Bob Dylan.

“Barang John Lennon tidak sering muncul karena kebanyakan orang ingin menyimpannya. Ini adalah gitar favoritnya, dia bicara tentang berharap masih memilikinya,” kata Julien seperti dilansir kantor berita Reuters.

Lennon meninggal dunia pada 8 Desember 1980, setelah ditembak oleh seorang penggemar di New York City.

Gitar Gibson miliknya hilang tahun 1963 selama Beatles’ Finsbury Park Christmas Show, dan muncul lagi 50 tahun kemudian, setelah dibeli oleh seorang pria bernama John McCaw di sebuah toko barang bekas di Amerika Serikat.

Keaslian gitar itu sudah diverifikasi oleh Andy Babiuk, yang menulis tentang peralatan musik yang digunakan oleh Beatles, dengan mencocokan nomor seri gitar, tekstur kayu dan goresan pada gitar itu dengan foto-foto dan video saat Lennon memainkan instrumen tersebut.

Babiuk mengatakan Lennon menggunakan gitar itu untuk merekam single hit Beatles berjudul “Love Me Do,” serta memainkannya dalam pertunjukan dan sesi-sesi menulis lagu.
 

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Gitar John Lennon yang lama hilang akan dilelang. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)