Gugun: Badan Ekonomi Kreatif untungkan musisi

Jakarta (ANTARA News) – Muhammad Gunawan (Gugun), vokalis dan gitaris Gugun Blues Shelter, berpendapat Badan Ekonomi Kreatif (BEK) yang baru dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguntungkan bila dapat membantu musisi mengurus izin konser.

“Izin manggung, baik di dalam maupun luar negeri, harus bisa memudahkan itu,” katanya saat ditemui di peluncuran album Baim dan Gugun Blues Shelter di Jakarta, Kamis.

Menurut Gugun, bandnya kerap mendapat kesulitan mendapatkan izin manggung di daerah, baik dari birokrasi maupun masalah keamanan.

“Padahal, jelas kami nggak rusuh,” katanya.

Ketika mengurus izin manggung ke luar negeri, ia menambahkan, BEK dapat membantu meyakinkan kedutaan besar negara tujuan bahwa musisi hanya akan tampil di sana, dan tidak berniat tinggal menetap.

Kepala BEK Triawan Munaf saat ini mengajak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk membentuk semacam detasemen khusus pemberantas pembajakan produk seni, hiburan dan kebudayaan karya seniman.

Menanggapi hal tersebut, Gugun menyatakan, satuan tersebut bisa saja berjalan efektif tergantung siapa yang menjalankannya.

“Di sini, yang bisa kan pihak berwenang,” demikian Gugun. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2015