Harmoni unik gitar-klarinet Tesla di Java Jazz

Jakarta (ANTARA News) – Harmonisasi unik dari dua alat musik melodik berbeda, gitar dan klarinet, dibawakan oleh Tesla Manaf di panggung Lawu Java Jazz 2015.

Musisi jazz asal Jawa Barat Tesla Manaf tampil mengenakan celana jeans pendek dan kaus putih berbalut cardigan abu-abu yang nampak menyatu dengan gitar berwarna hijau lumut yang dipetiknya.

Nada yang keluar dari petikan gitar Tesla yang jauh dari tangga nada mayor terdengar harmonis dengan tiupan klarinet dan suling sunda.

Dari delapan tembang yang dibawakan, Tesla memetik gitarnya dengan cepat diselingi dengan teknik “palm mute” (memetik sambil menahan dawai dengan telapak tangan untuk efek suara yang dalam) dipadukan dengan tiupan lembut klarinet dan suling.

Harmoni antara keduanya semakin terdengar ketika Tesla memainkan lagu “Where we are now”. Lagu tanpa vokal tersebut tetap terdengar menarik karena temponya yang dinamis serta perpaduan gitar dan klarinet yang saling bersahut-sahutan.

Tesla mengaku kaget dengan banyaknya penonton yang menikmati musiknya di panggung Lawu JIExpo Kemayoran kendati jazz bukanlah musik yang mudah untuk dimengerti.

“Saya kaget penontonnya banyak, padahal permainan gitar saya aneh,” kata Tesla dari atas panggung.

Selain memadukan gitar dengan klarinet dan suling, Tesla yang juga seorang komposer pernah memadukan harmoni gitar dengan gamelan Bali dengan nuansa musik jazz.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Ikuti berita dalam topik #

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Harmoni unik gitar-klarinet Tesla di Java Jazz. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)