Hati-Hati! Risiko Investasi Bitcoin Mengincar Kondisi Finansial Anda

Beberapa tahun terakhir ini, popularitas bitcoin sebagai salah satu aset investasi kian meningkat. Banyak orang berburu atau membeli bitcoin sebgaai investasi. Bahkan kini nilainya terus meningkat sampai menembus angka ratusan juta rupiah. Inilah yang membuat masyarakat kalangan menengah ke atas tergiur menjadikan bitcoin sebagai sarana investasi.

Faktanya, investasi bitcoin tidak semudah dan seaman yang Anda bayangkan. Beberapa risiko berikut ini bisa mengincar Anda jika mengandalkan bitcoin sebagai investasi:

Nilainya Sangat Tidak Stabil

Risiko Investasi Bitcoin

Tak ada yang bisa menjamin pergerakan nilai bitcoin dengan pasti. Kini nilai bitcoin terus meroket dan menembus angka fantastis. Namun Anda juga tidak boleh lupa bahwa bitcoin pernah mengalami masa krisis. Pada akhir tahun 2013, nilai bitcoin pernah merosot dari USD 266 menjadi USD 125. Hal ini membuat orang-orang yang langsung melepas bitcoinnya pada saat itu malah mengalami kerugian besar.

Rawan Ancaman Cybercrime

Karena peredarannya diatur secara digital, tentu saja bitcoin menjadi mata uang yang sangat rawan cybercrime. Kerugian akibat cybercrime pernah dialami oleh perusahaan bitcoin Jepang bernama Bitcoin MtGox. Ketika menghadapi serangan cybercrime, perusahaan tersebut mengalami kerugian besar yaitu sekitar 750.000 bitcoin.

Penggunaannya Sangat Terbatas

Tak banyak merchant yang mau menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. Sehingga sampai saat ini bitcoin hanya populer untuk membeli produk virtual seperti game atau poker online. Meskipun ada situs komersial yang menerima pembayaran dengan bitcoin, jumlahnya tentu sangat terbatas. Bitcoin tidak bisa digunakan untuk membeli barang fisik seperti rumah, mobil, atau pakaian.

Peredarannya Dilarang Oleh Negara

Bank Indonesia telah menegaskan aturan bahwa bitcoin merupakan jenis investasi yang tak diakui di Indonesia. Pernyataan tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari risiko kepemilikan bitcoin. Melakukan transaksi dengan bitcoin berarti melanggar otoritas sitem pembayaran di tanah air. Padahal masih banyak sarana investasi legal yang lebih aman dan menguntungkan.

Jika sekarang Anda ingin memulai investasi modal kecil yang aman, Anda bisa menginvestasikan dana Anda di Mekar.id. Perusahaan yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini akan menjadikan dana Anda sebagai pinjaman modal bagi pengembang usaha kecil. Nanti Anda bisa memperoleh dana Anda lengkap dengan imbal hasil sesuai kesepakatan.

Konsep peer to peer Indonesia semakin populer sejak diperkenalkan oleh Mekar.id. Tak hanya menguntungkan bagi para investor, Mekar.id juga turut mendukung perkembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Sudah waktunya menginvestasikan dana Anda pada pilihan investasi yang jelas aman dan menguntungkan.

Hati-Hati! Risiko Investasi Bitcoin Mengincar Kondisi Finansial Anda | lagu | 4.5

Leave a Reply

Close
Join me: