Isyana Sarasvati Sempat Kesulitan Berbahasa Indonesia

Sejak berusia 3 tahun Isyana Sarasvati tumbuh di lingkungan yang terbiasa menggunakan bahasa Belanda. Saat itu, dia dan keluarganya menetap di Belgia selama lima tahun.

Ayah Isyana, Sapta Dwikardana, memboyong keluarganya saat melanjutkan mendidikan S3 di Katholieke Universiteit Leuven (KUL), Belgia. Setelah studinya selesai, Isyana pun kembali ke Tanah Air.

Dara kelahiran Bandung 2 Mei 1993 itu mengaku sempat kesulitan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya saat menginjak di bangku sekolah dasar. Isyana juga tumbuh menjadi pribadi yang sedikit tertutup.

“Ya jadi itu first language aku yang dipelajari selama aku lahir, jadi hidup itu langsung belajar bahasa Belanda. Setelah itu aku pulang ke Indonesia aku nggak bisa ngomong bahasa Indonesia,” kisahnya kepada detikHOT.

Jadi ketika berumur 7 tahun, ibunda Isyana, Luana Marpanda memasukkan Isyana ke kursus bahasa Indonesia. Karena kelemahan verbal itulah yang membuat Isyana kurang bersosialisasi, dan mencurahkan sebagian besar waktunya untuk belajar musik. Lalu, bagaimana dengan sekarang?

“Kalau yang sangat fluent sih bahasa Indonesia dan Inggris, cuma yang lain yang aku pelajari itu French, German sama Dutch,” ungkapnya seraya tertawa.

Isyana yang belum lama merilis album EXPLORE! itu tentu sudah jauh berbeda dengan masa kecilnya. Sebagai musisi profesional, dia banyak berbagi ide dengan orang lain, meskipun sisi introvert pada dalam dirinya masih ada.

“Tapi setelah aku keluar stage ini, benar-benar introvert. Nggak bisa ngomong sama orang, nggak bisa curhat sama orang,” katanya sambil mengerutkan dahi.

(mah / ich)

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
email: sales[at]detik.com

sumber:http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656091/s/4eccbed4/sc/21/l/0Lhot0Bdetik0N0Cread0C20A160C0A40C0A80C10A0A5230C31828220C230A0Cisyana0Esarasvati0Esempat0Ekesulitan0Eberbahasa0Eindonesia/story01.htm

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Isyana Sarasvati Sempat Kesulitan Berbahasa Indonesia. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)