Kelompok musik Yogyakarta pentas di Bali

Pewarta: I K. Sutika

Denpasar (ANTARA News) – Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar menggelar pentas dengan menampilkan kelompok musik Yogyakarta, Gangsadewa Ethnic Ensemble, pimpinan Memet Chairul Slamet.

“Pementasan untuk menghibur masyarakat umum secara cuma-cuma berlangsung Sabtu malam,” kata Penata Program BBB Juwitta K Lasut di Denpasar, Sabtu.

Dalam pertunjukan tersebut, kata dia, Gangsadewa akan mempresentasikan karya musik mengelaborasi nilai-nilai yang terangkum dalam filosofi “Giri Bahari”.

Filosofi itu dalam kearifan lokal Bali dikenal sebagai konsep “Segara Giri” atau “Nyegara Gunung”, yakni konsep harmonis yang mempertautkan kehidupan sosial kultural pegunungan dan pesisir (lautan) dalam satu kesatuan nilai, menjadi acuan dalam kehidupan keseharian maupun ritual.

Giri Bahari merupakan eksplorasi dari tema utama Bentara Budaya tahun 2015, yakni “Jaya Giri Jaya Bahari”, terefleksikan dalam berbagai kegiatan seni budaya, antara lain pameran asam garam bentara, Bali Tempo Doeloe, sinema bentara, pertunjukan musik, dan seminar kemaritiman.

Gangsadewa adalah kelompok “ethnic ensemble” dari Yogyakarta, berdiri pada tahun 2004. Kelompok ini telah menghasilkan empat album. Setelah melawat ke beberapa negara, mempresentasikan karya musik etnik kontemporer nusantara, komposer bereputasi internasional Memet Chairul Slamet

Personel Gangsadewa, antara lain Memet Chairul Slamet (komposer) Dodi Precil (perkusi), Haris (sapek, kecapi, gambus), Herry (kecapi, bonang, cak), Herman (gitar), dan Putri (perkusi, jembe, vokal).

Kelompok ini mulai tampil di Yogyakarta Contemporary Music Festival 2004, memainkan Slendro in A.

Kelompok “ethnic ensemble” pimpinan Memet kerap mengedepankan bentuk-bentuk musik yang eksperimental, mengomposisi beberapa bunyi dengan tetap mempertahankan prinsip dasar musik agar nyaman dinikmati.

Selain itu, harmoninya terjaga kuat, menghasilkan paduan bunyi yang sugestif dan imajinatif yang masing-masing tetap mencerminkan karakternya.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Kelompok musik Yogyakarta pentas di Bali. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)