Keluarga Ragukan Tokoh Tan Malaka Sesuai di Film Soekarno

Keluarga Ragukan Tokoh Tan Malaka Sesuai di Film SoekarnoJAKARTA – Setelah keluarga Presiden pertama RI, Soekarno menolak penayangan Film Soekarno garapan Hanung Bramantyo, kini keluarga salah satu tokoh perjuangan kemerdekaan RI, Tan Malaka ikut mempertanyakan kesamaan penokohan pejuang film itu.

Keponakan lansung Tan Malaka, Zulfikar Kamarudin, menjelaskan hingga kini pihaknya belum mendapat informasi dari pihak pembuat film terkait penokohan Tan Malaka di film tersebut. Pasalnya, pihaknya mendapat informasi terkait keterlibatan tokoh Tan Malaka dalam film itu.

“Sampai hari ini belum ada dari pembuat film berbincang, berkomunikasi dengan kami,” kata Zulfikar di kediamanya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2013).

Zulfikar pun engapresiasikan langkah para sineas membuat film atau tulisan tentang Soekarno, Tan Malaka, atau Sutan Syahril, karena mereka pahlawan bangsa.

“Tapi kan ada etika. Kita sebagai bangsa yang besar, yang menghormati jasa para pahlawan. Apabila pahlawan kita ini dikucilkan atau direndahkan, ini kan berbahaya,” imbuhnya.

Karena itu, pihak keluarga ingin mempertanyakan apakah penokohan Tan Malaka sudah sesuai dengan keasliannya?

“Itulah. Apakah tokoh Tan Malaka yang diceritakan ini sesuai atau tidak. Perjuangannya gimana. Itu yang kita khawatirkan,” tutup dia.

Sumber : http://celebrity.okezone.com