Kemenparekraf segera rilis album lagu anak

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif (Kemenparekraf) segera merilis album lagu anak-anak sebagai hasil dari ajang Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak Tahun 2014 bertema Irama Negeriku.

Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Kemenparekraf Juju Masunah dalam jumpa pers Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak Tahun 2014 di Jakarta, Sabtu mengatakan sebelum merilis album secara komersial pihaknya terlebih dahulu menggelar Lomba Cipta Lagu Anak-Anak Tahun.

“Album ini berisi 20 lagu anak dari berbagai daerah yang merupakan kompilasi dari lagu anak yang berhasil menjadi pemenang dalam Lomba Cipta Lagu Anak Tahun 2013 dan 2014,” kata Juju.

Sebanyak 10 lagu dari lomba tahun sebelumnya masuk album ini di samping 10 pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2014.

Sepuluh pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2014 adalah Retno Wimborini dari Tangerang Selatan dengan lagu berjudul Bergembira, M. Reza Gustrianto dari Yogyakarta dengan Lagu Gembira, Yudhi E. Kurniawan dari Jakarta dengan Jangan Suka Berbohong, Fahri dari Jakarta dengan Malu Berbohong, Junianti Nasution dari Bogor dengan Cita-cita Anak Bangsa, Agung Batin Salasa dari Banjarnegara, Jawa Tengah, dengan Bersama Temanku, Willy Aviantara M. dari Jakarta Selatan dengan Untuk Indonesia Raya, Indra Kurniawan dari Cibinong dengan Generasi Hebat, Istu Dianing Anggraeni dari Temanggung Jawa Tengah dengan Suka Indonesia, dan Yohanes Rovi Candra Permana dari Purworejo dengan Indahnya Kebersamaan.

20 lagu iyang diarransemen komposer Purwacaraka ini akan direkam untuk kemudian disebarkan ke sekolah-sekolah, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di seluruh Indonesia termasuk sosialisasi ke radio-radio.

“Kami juga akan roadshow untuk sosialisasi dan promosi langsung dari daerah ke daerah,” katanya.

Proses penjurian lomba sendiri telah dilaksanakan mulai 10-12 Juli 2014 oleh tim penilai atau juri yang tterdiri dari Perwacaraka (komposer), Bens Leo (pemerhati musik), Dina Mariana (seniman musik), Tika Bisono (psikolog), Leli Kurniawati (pendidik musik anak), Pono Banoe (pendidik musik), Adib Hidayat (pemerhati musik), dan Julianus Limbeng (Kemenparekraf).

“Penyerahan hadiah akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2014 pukul 15.00 WIN di Sasono Langen Budoyo di TMII,” katanya.

Purwacaraka mengatakan jumlah peserta lomba ini adalah 220 orang dari 27 provinsi dengan lagu 344 buah, sementara Bens Leo mengatakan lomba tersebut ditanggapi antusiastis masyarakat lantaran dipromosikan salah satunya melalui media sosial.

Selain lomba cipta lagu, Kemenparekraf juga menggelar Lomba Menyanyi Solo untuk berbagai kategori dan usia.

Pemenang kategori anak usia 3-6 tahun adalah Kevin Isak Junior (5 tahun) dari Bekasi, Jocelyn Elena (5 tahun) Semarang, Jasmine Nalini Salsabila (5 tahun) Jakarta Timur, Castar Ghaly Ghassani (5 tahun) Jakarta Timur, Lauwrence Oktavianus Suryadharma (6 tahun) Jakarta Barat.

Pemenang kategori anak usia 7-9 tahun adalah Shafwa Tiara Dzakira Pane (7 thun) Jakarta, Leonard Auguste (8 tahun) Medan, Yovita Sally Isanov (9 tahun) Bekasi, Anneth Delliecia Nasution (9 tahun) Balikpapan, dan Yedija Nicholas Kurdiawidi (8 tahun) Semarang.

Sedangkan kategori anak usia 10-12 tahun adalah Michelle Sandrina (10 tahun) Medan, Maria Velda Callista Sutrisno (11 tahun) Tangerang Selatan, Deborah Patricia (12 tahun) Medan, Carissa Wijaya (11 tahun) Depok, dan Muhammad Adhitya Navis (10 tahun) Yogyakarta.

Juju mengungkapkan pemerintah akan bekerja sama dengan Indosiar dan RCTI untuk menyiarkan para penyanyi berbakat tersebut.

Kemenparekraf segera rilis album lagu anak | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better