Kenali Kecerdasan Emosional pada Anak

Kecerdasan emosional anak menjadi suatu hal yang krusial bagi tumbuh kembang buah hati. Di samping kecerdasan kognitif atau intelektual, Emotional Intellectual Quotient (EQ) pada seseorang akan sangat mempengaruhi masa depannya. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi oleh EQ ini.

Pentingnya Kecerdasan Emosional

Emotional Intellectual Quotient

Pengaruh kecerdasan emosional yang terbesar adalah pada perkembangan kepribadian seseorang. Penelitian yang dipublikasikan melalui American Journal of Public Health menyatakan bahwa seseorang dengan kecerdasan emosional sejak usia dini memiliki kemungkinan lebih sukses di masa depan. Ditambah, EQ yang tinggi menurunkan resiko depresi dan kecemasan berlebihan.

Kenali Kecerdasan Emosional yang Dimiliki Buah Hati

Kecerdasan emosional anak dapat terlihat dari beberapa tindakan dan kebiasaan yang dilakukannya, antara lain;

  1. Mampu mengenali emosi
    Salah satu cara termudah untuk mengetahui kecerdasan emosional si kecil adalah dengan memperhatikan ungkapannya. Ungkapan sederhana yang sesuai dengan suasana hati bisa menjadi bukti EQ anak yang cukup tinggi. Pernyataan “Aku sedih”, “Aku senang” mengindikasikan anak telah mampu mengenali dan mengutarakan emosi yang tengah dirasakannya.
  1. Mampu menjadi pendengar yang baik
    Si kecil sering dicari teman-temannya untuk berbagi cerita? Itu salah satu pertanda bagus bahwa anak Anda adalah pendengar yang baik. Walaupun belum bisa menjadi seorang problem solver yang mumpuni, kemampuan si kecil dalam menampakkan empati patut diacungi jempol.
  1. Punya inisiatif sendiri
    Seorang anak dengan EQ tinggi biasanya lebih responsif terhadap yang terjadi di sekitarnya. Imbasnya, ia akan memiliki inisiatif untuk melakukan tindakan yang dapat membantu sekitarnya. Contoh, ketika terjadi konflik anak berani berinisiatif menjadi penengah.
  1. Memahami dampak perbuatannya bagi orang lain
    Memahami dampak yang ditimbulkan dari sikapnya merupakan salah satu tanda anak dengan kesadaran emosional tinggi. Misalnya ketika anak bersikap patuh pada Ibunya karena tahu jika ia membantah si Ibu akan sedih hatinya.

Berbagi Cerita dan Ceria Bersama Nutriclub

Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai perkembangan anak dan berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya, bergabunglah dengan Nutriclub. Di sini bahkan Anda bisa mendapatkan info mengenai proses terjadinya alergi dan langkah pencegahannya pada buah hati. Sangat cocok bagi Anda yang tengah mempersiapkan atau memang sedang membesarkan buah hati.

Kenali Kecerdasan Emosional pada Anak | lagu | 4.5

Leave a Reply