Keuntungan main band di sekolah

Jakarta (ANTARA News) – Memainkan instrumen musik baik untuk otak, demikian dilansir sciencemag.org. Dibandingkan dengan mereka yang bukan musisi, anak-anak yang memetik gitar atau meniup trombon menjadi pembaca yang lebih baik dengan kosa kata yang lebih baik.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan keuntungannya juga berlanjut hingga masa remaja.

Ilmuwan saraf membandingkan dua grup siswa SMA selama lebih dari tiga tahun: satu orang mulai belajar instrumen pertamanya pada band kelas, di mana yang lainnya lebih fokus pada kegiatan fisik di Junior Reserve Officers’ Training Corps (JROTC).

Di tahun ketiga, para murid yang memainkan instrumen tercatat mampu mengenali suara lebih baik, seperti suku kata dan kata-kata yang berima, dibanding rekan mereka yang bergabung dalam JROTC, demikian dilaporkan tim ilmuwan secara online di National Academy of Sciences.

Para peneliti tahu begitu anak-anak tumbuh dewasa maka kemampuan mereka untuk menyerap informasi baru, utamanya bahasa, mulai berkurang.

Penemuan-penemuan tersebut menunjukkan bahwa belajar musik dapat menahan jendela itu terbuka lebih lama.

Namun manfaat musik tidak hanya untuk para pemusik, bermain piano bisa menjadi pembeda antara A dan B di kelas Bahasa Spanyol.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Keuntungan main band di sekolah. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)