Legendaris jazz Gerald Wilson tutup usia

Jakarta (ANTARA News) – Dunia Jazz Internasional dirungdung duka dengan perginya musisi legendaris yang telah berkarir selama 75 tahun, Gerald Wilson.Gerald Wilson tutup usia pada umur 96 tahun pada Senin (8/9) di kediamannya di Los Angeles, kata anak Wilson, Antony Wilson.

Pemimpin band besar itu memulai karir pada 1930-an sebagai pemain terompet untuk band Jimmy Lunceford sebelum ia membentuk grup sendiri pada 1944.

Ia memainkan dan menulis musik bersama orang-orang seperti Duke Ellington, Count Basie, dan Dizzy Gillespie, dan mengarasemen musik untuk Ella Fitzgerald, Ray Charles, Sarah Vaughan, dan Bobby Darin.

Wilson lahir di Shelby, Mississippi, membeli terompet pertamanya pada usia 11 tahun. Selama perannya bersama Lunceford, ia mengarasemen lagu-lagu hit “Hi Spook” dan “Yard Dog Mazurka.”

Setelah empat tahun dengan Lunceford dan bertugas di Angkatan Laut AS selama Perang Dunia II, Wilson menetap di Los Angeles pada 1940-an. Pendekatan big-band petualangnya bertahan selama puluhan tahun evolusi genre.

Dengan rambut putih panjang di tahun kemudian, Wilson menjadi terkenal karena gaya tari-seperti budidaya, yang menurutnya pendengar membantu mengetahui apa yang mereka dengar.

“Saya atur musik dengan sedemikian rupa,” katanya beberapa tahun terakhir sebelum Dia meninggal.

Wilson,  sering menghadiri acara-acara termasuk Jazz Festival Monterey, menerima enam nominasi Grammy sepanjang karirnya, termasuk pada tahun 1999 dan 2004 untuk penampilan jazz besar terbaik “Theme for Monterey” dan “New York, New Sound.”

Dia kemudian mengajar jazz di California State University, Northridge; California State University, Los Angeles; dan University of California, Los Angeles.

Ia meninggalkan seorang istri, seorang anak laki-laki, dua putri, dan empat cucu, demikian Huffington Post melaporkan.

Penerjemah: Suryanto

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2014

Legendaris jazz Gerald Wilson tutup usia | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better