Manuskrip asli "American Pie" diperkirakan laku Rp19 miliar

Jakarta (ANTARA News) – Manuskrip asli lagu “American Pie” yang ditulis oleh Don McLean diperkirakan akan mencapai 1,5 juta dolar (sekitar Rp19 miliar) saat dilelang pada 7 April, kata balai lelang Christie’s seperti dikutip Reuters, Jumat.

Draft setebal 16 halaman itu ditulis tangan dan ada juga bagian yang tidak dinyanyikan saat lagu itu meledak sekitar tahun 1971.

“American Pie” dinobatkan sebagai Lagu Abad Ini oleh Recording Industry Association of America and the National Endowment for Arts.

McLean, 69, adalah salah satu pencipta lagu terkenal di masanya. Ia menjual manuskrip tersebut karena tergerak dan mengakui bahwa bagian awal lagu sepanjang lebih dari delapan menit tersebut menyangkut kematian penyanyi Buddy Holly.

Buddy Holly tewas dalam kecelakaan pesawat tahun 1959 bersama penyanyi lainnya Ritchie Valens dan J.P Richardson.

Tetapi ia tidak menjelaskan dengan gamblang kelanjutan arti lirik tersebut, yang menuai banyak interpretasi.

“Saya ingin menggambarkan, mungkin sebelum ada yang memformulasikan, impian  Amerika ala rock and roll,” kata McLean kepada Reuters.

Direktur Internasional Buku dan Manuskrip rumah lelang Christie’s Francis Wahlgren mengatakan “American Pie” punya tempat penting dalam sejarah musik Amerika.

“Rancangan, proses lagu itu, memberi tahu isi kepala Don McLean terhadap lagu yang menyentuh banyak orang,” kata Wahlgren.

Ditulis di Cold Spring, New York dan Philadelphia, enam bait lagu “American Pie” menggambarkan kehidupan sosial tahun 60-70an.

“Ada sesuatu dalam lagu itu yang menangkap era tersebut,” kata Wahlgren.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Manuskrip asli "American Pie" diperkirakan laku Rp19 miliar. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)