Memes racik karya Ismail Marzuki di album baru

Jakarta (ANTARA News) – Memes meracik lagu-lagu karya Ismail Marzuki dalam versi jazz dan orkestra dalam album baru “Lief Java” yang dia buat bersama sang suami Addie MS.

“Ini merupakan apresiasi kami terhadap karya Ismail Marzuki,” kata Memes di Jakarta, Rabu.

Penyanyi bernama lengkap Meidyana Maimunah itu mengatakan Ismail Marzuki merupakan komposer legendaris yang karyanya tak lekang oleh zaman.

Dia berharap “Lief Java” bisa makin mempopulerkan karya Ismail Marzuki, khususnya di kalangan generasi muda.

Pilihan lagu-lagu populer Ismail Marzuki dalam album ini merupakan hasil diskusinya bersama Addie.

“Disesuaikan dengan karakter suara Memes, jadi bikin yang sesuai untuk jazzy orkestra yang easy listening,” jelas Addie.

“Lief Java”, yang diambil dari bahasa Belanda berarti “Jawa Yang Indah”, berisi sembilan lagu Ismail Marzuki seperti “Payung Fantasi”, “Saputangan dari Bandung Selatan”, “Juwita Malam”, “Dari Mana Datangnya Asmara”, dan “Tinggi Gunung Seribu Janji”.

Selain itu ada lagu “Rindu Lukisan”, “Selendang Sutera”, “Sabda Alam” dan “Bunga Anggrek” serta lagu “Sepanjang Jalan Kenangan” dari Is Haryanto dalam “Lief Java”.

Memes menjelaskan awalnya dia mengira “Sepanjang Jalan Kenangan” juga dibuat oleh Ismail Marzuki.

Setelah tahu bahwa ternyata tidak demikian, dia memutuskan tetap memasukkannya ke dalam “Lief Java” karena menilai lagu itu memiliki nuansa serupa dengan lagu-lagu dalam album tersebut.

Album kesembilan Memes itu digarap selama sembilan bulan dan dirilis pada Desember 2014, bertepatan dengan peringatan seabad Ismail Marzuki.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2015