Musisi Bob Geldof galang dana untuk perangi Ebola

London (ANTARA News) – Musisi dan filantropis Bob Geldof yang pada 1984 mengilhami para bintang rock membuat single amal untuk Afrika, akan menggelar penggalangan dana untuk memerangi Ebola lewat versi terbaru dari lagunya.

Geldof, pentolan band new wave Irlandia, The Boomtown Rats, membentuk supergrup Band Aid lewat single “Do They Know It’s Christmas?” tiga dekade lalu untuk mereka yang terkena kelaparan di Ethiopia.

Geldof memastikan dalam jumpa pers di London bahwa lagu tersebut akan direkam ulang.

Kali ini barisan penyanyi yang akan menyanyikannya termasuk boy band One Direction, penyanyi Ed Sheeran dan Sam Smith, tulis media massa Inggris seperti dikutip Reuters.

Lagu aslinya yang pernah menggalang dana sebesar 11 juta dolar AS itu salah satunya dinyanyikan oleh pentolan band U2 Bono, George Michael dan David Bowie. Lagu ini direkam kembali pada 1989 dan 2004.

Geldof adalah pencipta lagu ini bersama penyanyi Ultravox, Midge Ure. Lagu itu pernah menduduki puncak tangga lagu pada 1984 dan terjual jutaan kopi yang hasilnya langsung disalurkan untuk korban kelaparan di Ethiopia.

Sukses itu diikuti dengan Live Aid pada 1985, yang adalah konser transatlantik yang mampu menghimpun dana 100 juta dolar AS untuk Ethiopia.

Ebola telah membunuh 4.950 orang dari 13.000 orang yang terinfeksi virus ini sejak pecah di Afrika Barat belum lama tahun ini, yang sebagian besar di Sierra Leone, Liberia dan Guinea, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Musisi Bob Geldof galang dana untuk perangi Ebola | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better