Paduan Suara ITS sabet lima medali di Italia

Surabaya (ANTARA News) – Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS Surabaya menyabet lima medali serta beberapa penghargaan dalam kompetisi bertajuk “54th International Choral Singing Competition Seghizzi 2015” di Italia pada 24-26 Juli 2015.

“Sukses kami meraih berbagai penghargaan itu tak lepas dari persiapan dan latihan yang sangat intens,” kata Ketua UKM PSM ITS, Aranda Rizki Soedjono, ketika dikonfirmasi tentang prestasi UKM ITS di kancah internasional itu di kampus setempat, Rabu.

Kompetisi yang dihelat di negeri Menara Pisa itu merupakan kompetisi paduan suara tingkat dunia yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Indonesia sendiri diwakili oleh 40 anggota PSM ITS.

Sejak diberangkatkan ke Kota Gerizia, Italia, mereka pun tak pulang dengan tangan kosong, karena mereka meraih prestasi dari beberapa kategori yang diikuti, di antaranya “2nd Prize in Category 1A” (Historical Period 1400-1640).

Selain itu, “3rd Prize in Category 2” (Folk, Traditional, Spiritual, Gospel, pop and Jazz), dan “3rd Prize in Category 2A” (Choral Arrangements of Folk and Traditional Songs). Ada pula “4th Prize in Historic Category 1” dan “5th prize in 27th Grand Prix Seghizzi 2015”.

Tak hanya itu, UKM binaan Dr Ing Ir Bambang Sumardiono di bawah naungan Lembaga minat Bakat (LMB) ITS itu juga menyabet dua penghargaan lain, yakni Best Prize for Poetry in Music dan Best Costume in Category 2A.

“Prestasi itu tak lepas dari persiapan kami sebelum bertolak ke Italia melalui dua konser, yakni konser internal bagi Keluarga Mahasiswa (KM) ITS dan konser eksternal yang mendatangkan massa dengan cakupan penonton yang lebih luas,” ujarnya.

PSM ITS didirikan pada 20 september 1975 atas prakarsa Drs. Kresnayana Yahya beserta beberapa mahasiswa yang mewadahi mahasiswa ITS yang ingin mengembangkan minat dan bakat pada bidang seni, khususnya seni berpaduan suara.

Selama ini, PSM ITS aktif dalam kegiatan intern maupun ekstern. Kegiatan intern yang sering melibat PSM ITS antara lain Pengukuhan Guru Besar, Wisuda, Penerimaan Mahasiswa Baru, Upacara Hari Nasional, dan Kontes Robot Indonesia. Untuk kegiatan ekstern adalah terlibat beberapa acara di luar.

“Tidak hanya mencetak individu dengan manajerial dan musikalitas yang bagus, PSM ITS juga mencetak generasi dengan rasa kekeluargaan tinggi,” kata Ketua PSM ITS 2014/2015 itu.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Paduan Suara ITS sabet lima medali di Italia. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)