Pramoedya Ananta Toer jadi inspirasi lagu Budi Doremi

Jakarta (ANTARA News) – “Bumi Manusia” karya penulis Pramoedya Ananta Toer menginspirasi penyanyi Budi Doremi dalam membuat lagu yang judul yang sama persis.

“Lagu ini ditulis setelah baca buku Bumi Manusia, saya menangis malam-malam karena Anneliesse mati dengan tragis,” ujar pemilik nama asli Syahbudin Syukur dalam acara Temu Jurnalis, Blogger dan Penulis di Jakarta, Rabu.

Keinginan Budi bertemu dengan penulis terkemuka Indonesia itu tidak bisa terwujud karena Pram telah wafat pada 2006. Sebagai gantinya, dia membuat lagu “Bumi Manusia” sebagai bentuk doa dan penghargaan terhadap Pram.

“Biar (lagu ini) terbang dan didengar Pak Pram,” imbuh Budi.

Bagi pelantun “Do Re Mi”, lagu bukanlah sekadar hiburan, melainkan kampanye halus lewat budaya. Dia berharap dapat menyampaikan hal-hal berguna kepada pendengar lewat lagunya.

Selain itu, Budi menilai musik Indonesia adalah cerminan dari sifat bangsa yang beragam.

“Saat Portugis datang, ada keroncong, China datang, muncul musik lain, dari musik sudah terlihat ada keberagaman,” imbuh dia.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca Pramoedya Ananta Toer jadi inspirasi lagu Budi Doremi. Jika Anda ingin atau sedang mencari lagu musik MP3, silakan masuk ke download.lagu.info dan ketikkan judul lagunya di kolom pencarian! Gratis!! Jangan lupa bagikan halaman ini di sosial media sebagai apresiasi kamu ;)