Science Film Festival Beredar di Makassar

Science Film Festival Beredar di MakassarMAKASSAR — Rangkaian film-film dokumenter berupa komunikasi visual antara ilmu pengetahuan dengan teknologi yang mudah diakses serta menghibur, khususnya bagi anak-anak berusia 9-14 tahun, akan diputar di Makassar.
 
Yang disajikan, ragam film tentang energi yang dibuat oleh berbagai negara seperti Denmark, Thailand, Belgia, Slowakia, Spanyol, Prancis, Jerman, Malaysia, Hungaria, dan Indonesia. Film-film tersebut memenangkan lomba film dengan tema serupa yang diadakan sebelumnya. Setiap selesai pemutaran film, kegiatan akan diselingi dengan eksperimen terkait film tersebut. Hal ini dilakukan demi menambah pemahaman anak-anak tentang aplikasi sains dalam kehidupan sehari-hari.
 
Festival ini berlangsung selama empat hari, 27-30 November 2013. Seluruh siswa Kelas 6 SD dan SMP dua kota, Makassar dan Maros, diundang menyaksikan. Target panitia menjaring lima ribu peserta, termasuk penonton di usia lebih luas.
 
Festival bertajuk Science Film Festival (SFF) merupakan program inisiasi Goethe-Institut pada 2005 silam di Thailand. Kancah ini telah menjadi perayaan tahunan. Melalui pendekatan iptek, festival ini hendak membangkitkan sebuah budaya film iptek yang secara efektif menggabungkan pendidikan dan hiburan, menunjukkan bahwa komunikasi dan pembelajaran iptek sangatlah menyenangkan.
 
“Pada dasarnya melalui kegiatan ini kami ingin menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan itu menyenangkan. Di banyak negara saat ini anak-anak berpikir bahwa ilmu pengetahuan sangat membosankan. Tapi saat yang sama kita perlu memiliki ilmuwan muda demi mengantisipasi kebutuhan ilmu pengetahuan itu sendiri hingga masa-masa mendatang. Maka kami coba menciptakan kreasi bagi anak usia dini untuk menyadarkan bahwa ilmu pengetahuan amat menyenangkan,” ucap Katrin Sohns, Kepala Bagian Program Budaya Goethe-Institut Indonesien, kepada Okezone, Selasa (26/11/2013).
 
Katrin mencontohkan, salah satu film bercerita tentang bagaimana matahari bersinar. Ditayangkan demi menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sangat penting dalam kehidupan yang memang harus diketahui sejak usia kanak-kanak. “Kami membawakan mereka film untuk ditonton dengan senang hati. Bila banyak anak-anak datang menyaksikan pertunjukan dalam festival ini tentu akan sukses dan kita merayakannya penuh gembira,” lanjut Katrin
 
Pada edisi 2013, SFF keempat kalinya digelar sejak 14-30 November 2013 pada berbagai kota di penjuru Indonesia. Makassar, Maros, Ambon, Bandung, Jakarta, Jayapura, Mataram, Medan, Manado, Pontianak, Salatiga, Samarinda, Solo, Sorong, Surabaya, Bogor, Palembang, Aceh, Bali, Tomohon, dan Yogyakarta, kali ini dapat giliran. SFF 2013 mengusung tema ‘Energi’ setelah tahun lalu ‘Water’.
 
Di Makassar dan Maros, Bosowa Foundation kedua kalinya dipercaya jadi mitra setempat sebagai organizer acara pemutaran film ini. Pemutaran film dikhususkan kepada anak-anak sebagai generasi muda sebab bertujuan untuk menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan melalui pendidikan dengan cara yang menarik, salah satunya melalui media film.
 
“Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya dari Bosowa agar arti pentingnya keberlangsungan energi bagi kehidupan bisa lebih mudah dipahami. Kehadiran anak-anak sebagai penonton diharapkan agar sedini mungkin bisa mendapatkan pengetahuan mengenai energi dan menyadari pentingnya energi bagi kehidupan makhluk hidup, terutama manusia,” kata Melinda Aksa, Direktur Bosowa Foundation.

Melinda menguraikan, Bosowa berharap kegiatan ini memberi sumbangsih terhadap pendidikan anak-anak Indonesia, terutama edukasi melalui energi. Film-film yang ditampilkan diharapkan dapat membawa pengetahuan baru, pengalaman, pesan dan inspirasi tersendiri bagi anak-anak. Bosowa Foundation yang berkiprah layaknya lembaga sosial yang fokus pada peningkatan pendidikan sangat bangga dapat menjadi bagian dari SFF 2013 untuk meningkatkan kapasitas anak bangsa.

Sumber : http://celebrity.okezone.com

Science Film Festival Beredar di Makassar | Keti Peri | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better