SFF 2013 Resmi Digelar

SFF 2013 Resmi DigelarBANDUNG – Science Film Festival (SFF)  adalah sebuah program yang diinisiasikan oleh Goethe-Institut pada 2005 di Thailand, dan telah menjadi event tahunan. Festival ini menampilkan film-film yang mengkomunikasikan Iptek dengan cara yang mudah diakses serta menghibur bagi anak-anak berusia 9-14 tahun, dan bagi penonton luas.

Melalui pendekatan tersebut, festival ini membangkitkan sebuah budaya film Iptek yang secara efektif menggabungkan pendidikan dan hiburan, menunjukkan komunikasi dan pembelajaran Iptek sangat menyenangkan.

Pada tahun 2013 ini, SFF untuk ke-empat kalinya akan dilaksanakan pada tanggal 14-30 November 2013 di berbagai kota di Indonesia yaitu Makassar, Maros , Ambon, Bandung, Jakarta, Jayapura, Mataram, Medan, Manado, Pontianak, Salatiga, Samarinda, Solo, Sorong, Surabaya, Bogor, Palembang, Aceh, Bali, Tomohon, dan Yogyakarta. Festival kali ini mengusung tema Energi setelah di tahun sebelumnya mengusung tema Water.

Melinda Aksa, Direktur Bosowa Foundation, menyampaikan untuk kedua kalinya Bosowa Foundation mempersembahkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya dari Bosowa agar pemahaman tentang arti pentingnya keberlangsungan energi bagi kehidupan.

“Kehadiran anak-anak sebagai penonton diharapkan agar sedini mungkin bisa mendapatkan pengetahuan mengenai energi dan menyadari pentingnya energi bagi kehidupan makhluk hidup, terutama manusia,” ungkap Melinda.

Bosowa berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih terhadap pendidikan anak-anak Indonesia khususnya edukasi melalui Energi.

Pemutaran film ini dikhususkan untuk anak-anak sebagai generasi muda, sebab bertujuan untuk menunjukkan ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan melalui pendidikan dengan cara menarik, salah satunya melalui film.
 
Acara ini akan dilangsungkan selama empat hari mulai tanggal 27-30 November 2013,  dengan mengundang seluruh siswa Kelas 6 SD dan SMP se-kota Makassar, dan Maros dengan target peserta 5.000 orang.

Pada 27-28 acara akan dilangsungkan di Function Room, Menara Bosowa, Makassar dan tanggal 29 akan berlangsung di Maros, bekerjasama dengan Semen Bosowa Maros. Khusus hari Sabtu, acara akan diadakan untuk anak karyawan Bosowa sekaligus dirangkaikan dengan Family Gathering.

Pembukaan Science Film Festival (SFF) dilaksanakan, Rabu 27 November 2013, akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Direktur Bosowa Foundation, Hj. Melinda Aksa, Film Programming SFF, Elizabeth Sugiharto, dan Kepala Bagian Program Budaya Goethe-Institut Indonesien, Katrin Sohns.

Pembukaan juga akan diisi beberapa penampilan dari siswa-siswi Bosowa Internasional School seperti teatrical Motivasi dengan judul “4 Lilin”, dan Tari Empat Etnis.

Katrin Sohns, sebagai Kepala Bagian Program budaya Goethe-institut Indonesia mengatakan sangat bangga melihat perkembangan SFF dari tahun ke tahun.

“Saya berharap agar makin banyak anak-anak yang berpeluang hadir, dan menikmati festival ini di seluruh wilayah di Indonesia,” jelas dia.

Energi adalah tema yang digulirkan oleh PBB sesuai dengan prakarsa global mereka untuk menggerakkan aksi dari seluruh lapisan masyarakat agar menyediakan akses universal pada jasa-jasa energi modern, untuk menggandakan tingkat pertumbuhan global dalam hal efisiensi energi, serta menggandakan porsi energi terbarukan dalam campuran energi global.

Acara akan diisi dengan berbagai macam Film Dokumenter tentang Energi yang dibuat oleh beberapa negara, diantaranya Denmark, Thailand, Belgia, Slovakia, Spanyol, Prancis, Jerman, Malaysia, Hungaria, dan Indonesia. Film-film ini adalah para pemenang dari Lomba Film dengan tema serupa yang diadakan sebelumnya.

Setiap selesai pemutaran film, kegiatan akan diselingi dengan eksperimen terkait dengan film tersebut. Hal ini dilakukan untuk menambah pemahaman anak-anak tentang aplikasi sains dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan juga akan diisi dengan Quiz dan Games-games menarik, serta tidak ketinggalan penampilan dari Bosowa International School yang akan menghibur di sela-sela acara dengan berbagai penampilan seperti Paduan Suara, Band, Muaythai dsb.

Salah satu film yang berasal dari Indonesia yang berjudul The Adventure of Banyu and Elektra yang menceritakan tentang kisah animasi Banyu dan sahabatnya, Elektra.

Film-film yang ditampilkan diharapkan dapat membawa pengetahuan baru, pengalaman, pesan dan inspirasi tersendiri bagi anak-anak.

Bosowa Foundation sebagai lembaga sosial yang fokus pada peningkatan pendidikan sangat bangga dapat menjadi bagian, dari kegiatan untuk peningkatan kapasitas anak bangsa seperti kegiatan ini.

Sumber : http://celebrity.okezone.com

SFF 2013 Resmi Digelar | Keti Peri | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better