Shakira menjiplak karya orang

New York (ANTARA News) – Seorang hakim federal menyimpulkan bahwa lagu bintang pop asal Kolombia Shakira yang hits pada 2010 dijiplak dari hasil karya penulis lagu asal Dominika.

Hakim Distrik AS Alvin Hellerstein dalam putusan di pengadilan federal Manhattan mengatakan lagu Shakira berbahasa Spanyol “Loca” melanggar hak karya Ramon Arias Vasquez, yang menulis “Loca con su Tiguere” akhir 1990-an.

Hellerstein menolak tuduhan bahwa versi bahasa Inggris lagu Shakira dilanggar karena kurangnya barang bukti.

Keputusannya kemenangan berada ditangan penggugat, Mayimba Musik yang memegang hak kerja Arias dan menggugat Sony Corp of America dan beberapa unit Sony lainnya pada 2012.

Hakim berpendapat hanya dua dari mereka yang bertanggung jawab yakni Sony/ATV Latin dan Sony/ ATV Discos atas penyebaran lagu Shakira.

Sony dan Mayimba menolak memberikan komentar kepada Reuters.

Shakira mencapai puncak tangga lagu Billboard Latin lewat “Loca” yang terjual lebih dari lima juta kopi di seluruh dunia.

Hellerstein mengatakan lagu Shakira tahun 2007 itu menyalin lagu rapper Dominika Eduard Edwin Bello Pou atau lebih dikenal dengan El Cata, yang juga disalin Arias dan didistribusikan oleh Sony.

Lagu Arias dan salinan berikutnya bercerita tentang cinta segitiga di mana penyanyi yang miskin menentang saingannya yang kaya, sedangkan dalam versi Shakira menggunakan kata “tigre” (harimau) bukan “tiguere” yang merupakan bahasa slang Dominika yang disebut Hellerstein berarti sama.

Tahap berikutnya dari kasus ini akan menentukan kerugian Mayimba dan tuntutan perusahaan tersebut terhadap Sony, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2014

Shakira menjiplak karya orang | Claudia Minda | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better