Tohpati ngefans lagu "Zamrud Khatulistiwa"

Jakarta (ANTARA News) – Gitaris dan penulis lagu Indonesia, Tohpati mengaku menggemari lagu “Zamrud Khatulistiwa” karya Guruh Soekarno Putra. “Lagu Zamrud Khatulistiwa karya Guruh Soekarno Putra sangat melegenda.

Lagu ini diciptakakan Guruh tahun 1976. Sejak usia lima tahun saya sudah mendengar lagu ini. Saya ngefans sama lagunya, kebetulan saya juga pernah dengan Chrisye mempopulerkan lagu itu,” ujar Tohpati di Jakarta, Rabu.

Menurut Tohpati, lagu itu memiliki ikatan erat dengan dirinya, sehingga tak ayal, dia pun mengaku sering memainkan lagu ini dalam berbagai kesempatan.

“Saya sering mainin lagu itu. Ikatannya sangat erat dengan lagu itu,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, Tohpati pun mendapatkan kesempatan mengaransemen ulang lagu karya Guruh itu dijadikan jingle salah satu produk kemasan teh.

“Ujung tombaknya, bagaimana lagu ini bisa mengena di semua kalangan. Saya membuatnya tidak harus dengan gamelan, suling, karena akan terlalu tradisional. Nadanya sendiri sudah pentatonis, sudah sangat tradisional. Jadi saya hanya menambahkan sedikit elemen pentantonis,” kata Tohpati.

COPYRIGHT © ANTARA 2015