Tokyo Ska Paradise menghentak di Soundsfair 2014

Jakarta (ANTARA News) – Kelompok musik beraliran ska dan jazz, Tokyo Ska Paradise Orchestra (TSPO), atau Skapara menghentak penonton yang memenuhi ruang Cenderawasih 1 dan 2 Balai Sidang Jakarta, dalam gelaran musik Soundsfair 2014, Jumat malam.

Dipimpin kuartet musik tiup Kimiyoshi Nagoya (terompet), Masahiko Kitahara (trombon), Gamo (saksophone tenor), dan Atsushi Yanaka (saksophone bariton), TSPO menghadirkan belasan lagu dengan irama cepat campuran ska tradisional, jazz dan rock.

Meski memainkan musik yang cepat didukung dengan gerakan atraktif di atas panggung, sembilan personel TSPO tetap mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan dasi, bahkan ada yang memakai kaca mata hitam.

Dalam beberapa lagu, meski tanpa vokal, petikan gitar Takashi Kato didukung gebukan drum Kinichi Motegi menghadirkan alunan ska yang membuat penonton tidak tahan untuk bergoyang dan bertepuk tangan di atas kepala seperti dalam Hinotama Jive.

Saat memainkan 5 Days of Tequila kembali terdengar alunan gitar elektrik yang melengking namun bisa membuat penonton yang kebanyakan berusia 20-30 tahun tersebut meloncat-loncat.

“Apa kabar Jakarta? Apa kalian senang? Kalian selalu bahagia? Sudah siap?” tanya Gamo, dan disambut riuh penonton.

Sedangkan saat lagu Call from Rio dimainkan, keempat pemusik tiup itu kompak mengeluarkan sarung tangan dan melambaikannya ke atas mirip dengan coboy yang memainkan lasso, sesuai dengan irama lagu yang cepat.

Dalam Natty Parade, penonton diajak menikmati gebukan drum Kinichi bersama permainan perkusi Hajime Oumori sehingga disambut penonton dengan teriakan “Oi, oi, oi”.

Kesan menggelitik muncul pada lagu James Bond karena sang gitaris memainkan sepenggal “jingle” film agen 007, James Bond. Sementara dalam lagu Tongues of Fire, kesan musik Timur Tengah jelas terasa.

Seperti tidak kelelahan memainkan lagu bertempo cepat, Hajime memainkan gendang sebagai intro dalam Hanafubuki dipadu dengan kuartet musik tiup yang tetap menjadi ciri setiap lagu TSPO.

Hal yang menarik adalah tiap lagu dipimpin bergantian oleh anggota TSPO sehingga mereka masing-masing menyumbangkan vokal ke lagu yang dibawakan semisal dalam lagu Shot in the Dark maupun Storm Rider.

TSPO sendiri resmi terbentuk pada 1998 yang dimotori oleh mantan pemain perkusi TSPO Asa-Chang. Saat pertama muncul, suara yang dihasilkan TSPO berbeda dengan kelompok musik lain beraliran sama karena sebagian besar karya mereka adalah murni instrumental.

TSPO juga menyumbangkan lagu tema untuk PlayStation 2 dalam game Sly Cooper dan the Thievius Raccoonus dengan lagu berjudul Black Jack.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2014