5 + 1 Rekomendasi PC Desktop Terbaik untuk Produksi Musik

Lagu.info – Seiring teknologi semakin berkembang, bahkan komputer dengan anggaran terbatas pun memiliki daya yang cukup kuat. Artinya, tidak sulit untuk menemukan komputer dengan spesifikasi yang tepat untuk merekam, mencampur, mastering, dan produksi musik. Tiga pertimbangan utama adalah pemrosesan, memori, dan penyimpanan.

Prosesor memiliki beberapa inti, yang membuat multitasking lebih efisien. Memori, atau RAM, akan membantu Anda menjalankan lebih banyak instance dari plugin dan instrumen virtual. Dan untuk penyimpanan, Anda tidak hanya memerlukan solid state drive yang cepat untuk kecepatan baca dan tulis terbaik, tetapi pastikan ada cukup ruang untuk DAW Anda, plugin, perpustakaan instrumen virtual, dan tentu saja, file sesi Anda.

Selanjutnya adalah pertanyaan Mac vs PC. Sistem operasi Mac sangat stabil dan andal, dan menjadi standar industri untuk produksi musik. Ini berarti Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan kompatibilitas perangkat lunak atau perangkat keras, dan Anda juga memiliki opsi untuk menjalankan Logic Pro X eksklusif Mac. Meskipun begitu, mesin Windows juga sama berdayanya, dan banyak perangkat lunak dan perangkat keras saat ini kompatibel dengan Mac dan Windows. Cakewalk by BandLab, sebagai contoh, adalah DAW eksklusif Windows yang lengkap fiturnya, dan itu gratis. Selain itu, komputer PC lebih mudah di-upgrade daripada komputer Apple.

Baca juga: Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Terakhir, perhatian yang kurang umum dengan PC desktop adalah portabilitas. Sebagian besar dari kita yang berbelanja untuk komputer desktop tidak terlalu peduli dengan portabilitas, karena kita akan mendapatkan laptop untuk itu. Komputer desktop untuk produksi musik biasanya berada di studio dengan semua perangkatnya; mereka tidak sering digunakan saat bepergian. Meskipun begitu, Apple menawarkan Mac Mini dan Mac Studio yang lebih baru, yang merupakan komputer desktop portabel. Jika itu adalah prioritas bagi Anda, maka Anda mungkin sudah memutuskan.

Rekomendasi Mac Terbaik untuk Produksi Musik

  1. Mac Studio
    Penawaran terbaru dari Apple adalah Mac Studio, yang bisa dibandingkan dengan Mini dalam hal menjadi komputer desktop yang relatif kecil. Namun, ini sangat kuat, dan menurut standar Apple, model yang dimulai dari $1999 sebenarnya cukup terjangkau. Ini menggunakan chip M1 Max dengan CPU 10 inti, RAM 32GB standar, dan SSD 512TB standar, sementara semua spesifikasi ini dapat disesuaikan. Ini adalah pilihan favorit saya untuk komputer desktop Apple yang didedikasikan untuk produksi musik – mesin yang tangguh dengan harga yang kompetitif.
  1. Mac Mini
    Versi yang kurang kuat dan tahan lama dari Studio adalah Mac Mini. Unit berukuran kecil ini menjadi pusat rig perekaman mobile yang bagus, meskipun juga nyaman ditempatkan di atas meja. Ada model yang dimulai dari $899 dengan chip Apple M1 (CPU 8 inti), RAM 8GB yang sebaiknya Anda upgrade menjadi 16GB, dan SSD 512GB. Jika Anda meng-upgrade RAM menjadi 16GB dan penyimpanan menjadi 1TB, Anda akan mendapatkan komputer desktop Apple yang mampu dengan harga $1299.
  1. iMac
    Sayangnya, iMac Pro telah dihentikan produksinya, jadi kami tidak akan menyertakannya dalam daftar untuk tahun ini. iMac “biasa” telah mengambil tempatnya sebagai komputer desktop all-in-one yang bagus untuk produksi musik. Saya akan merekomendasikan untuk menambahkan model paling atas, yang dimulai dari $1699. Tingkatkan RAM menjadi 16GB dan penyimpanan menjadi 1TB dengan total $2099. Chip M1 cepat dan kuat, dan desain all-in-one berarti Anda menghemat uang untuk perlengkapan tambahan (keyboard/mouse juga termasuk).

Rekomendasi Komputer Windows Terbaik untuk Produksi Musik

  1. Dell XPS Desktop
    Dell XPS adalah PC fleksibel dan kuat untuk produksi musik. Mereka hadir dalam berbagai konfigurasi yang berbeda, tetapi saya suka yang memiliki prosesor Intel i9 Generasi ke-11, RAM 32GB, dan SSD 1TB ditambah HDD 7200 RPM 1TB. Bagi kebanyakan orang, itu sudah cukup kuat untuk merekam dan memproduksi musik, dan dengan harga hanya $1799, Anda akan memiliki uang lebih untuk perlengkapan tambahan.
  1. Microsoft Surface Studio 2
    Surface Studio adalah PC desktop all-in-one yang unik dengan layar sentuh yang indah. RAM dimulai dari 16GB, dapat disesuaikan menjadi 32GB, dan penyimpanan dimulai dari 1TB (SSD), dapat disesuaikan hingga 2TB. Prosesor Intel Core i7 sangat mampu, dan sebenarnya, ini adalah PC yang sangat keren secara keseluruhan. Ini agak mahal dengan layar sentuh yang mewah dan semuanya, tetapi memang tidak banyak yang seperti ini.
  1. Bangun Sendiri (Custom Build)
    Salah satu keuntungan terbesar PC dibandingkan Mac adalah kemampuan untuk membangun komputer kustom. Baik Anda melakukannya sendiri atau meminta pembuat komputer kustom untuk melakukannya, Anda bisa mendapatkan kekuatan serius untuk produksi musik dengan harga yang bagus. Saya pribadi lebih suka menggunakan produk Apple untuk kebutuhan musik saya, tetapi jika saya pertimbangkan PC, saya pasti akan memilih yang kustom.

Dalam mencari komputer desktop terbaik untuk produksi musik, Anda memiliki berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Untuk pengguna Mac, Mac Studio dan Mac Mini menjadi pilihan terdepan dengan kekuatan yang mengesankan. Sementara itu, PC desktop seperti Dell XPS dan opsi kustom memberikan fleksibilitas yang luar biasa. Jika Anda mencari kombinasi antara performa dan desain yang menakjubkan, Microsoft Surface Studio 2 juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Oleh karena itu, rekomendasi PC desktop terbaik untuk produksi musik dapat sangat bervariasi, tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Apoteker yang menyukai dunia teknologi dan musik. Biasa memainkan bass jika di band. Pemain gitar dan keyboard jika di rumah.
Lihat semua tulisan 📑. Follow/Ikuti Lagu.info di Google.