12+ Lagu Indie Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

912
musik indie terbaik
Kaset Konvensional | Gambar: publicdomainpictures.net

Lagu.info – Tahukah Anda bahwa “Indie” berasal dari kata “independen”? Tahun 1920, istilah indie lebih mengacu ke perusahaan film independen yang kemudian menjamah di industri rekaman musik. Nah, musik indipenden inilah yang kemudian populer dengan sebuatan musik/lagu indie. Sesuai namanya, musik atau lagu indie merupakan musik yang apa-apa mandiri. Entah itu proses pembuatannya, produksinya, distribusinya hingga ka marketingnya (jika ada), semuanya dilakukan “sendiri” oleh sang artis atau label rekaman. Jadi, lagu indie ini semacam DIY alias “do it your self“.

Akan tetapi, kata indie bisa saja digunakan pada genre sebut saja indie pop atau indie rock, yang pengunaan sebutan indie tersebut bukan terkait kemandirian pada saat memproduksi atau menerbitkan musik.

Di Indonesia, Generasi 90an ke atas mungkin sudah tidak asing dengan lagu indie ini. Umumnya, dulu musisi indie melakukan promosi melalui media lokal atau mulut ke mulut. Namun saat ini, apalagi di tahun 2021 di mana internet sangat mudah diakses, terutama media Youtube yang kian tak terbendung, hingga promosi menjadi lebih luas bahkan bersifat global.

Namanya lagu indie, isinya kadang suka-suka si pembuat saja. Tidak mengacu ke apa yang laku atau tidak, malah lebih ke arah ideologi pelaku indie. Jadi, jangan heran jika ada lagu indie yang membahas indahnya alam pegunungan, falsafah kehidupan dan sebagainya. Bagaimana dengan topik percintaan atau kegalauan dan kesedihan serta romantis? Topik ini jelas akan selalu ada di jenis musik apapun.

Uniknya, kami menemukan ada hubungan antara senja, kopi dan lagu indie dari netizen. Anda salah satunya?

Oke, langsung saja kita melihat daftar lagu indie terbaik dan terpopuler di Indonesia kali ini.

Lagu Indie Paling Enak Didengar di Indonesia

  1. Bertaut oleh Nadin Amizah
  2. Resah Jadi Luka oleh Daun Jatuh
  3. Kota oleh Dere
  4. Blue Jeans oleh Gangga
  5. To The Bones oleh Pamungkas
  6. Hujan Dibalik Jendela oleh Senandung
  7. Rehat oleh Kunto Aji
  8. Melawan Hati oleh Fiersa Besari
  9. Dialog Senja oleh Lara
  10. Heather oleh Conan Gray
  11. Tiga Pagi oleh Fletch
  12. Bitteelove oleh Ardhito Pramono
  13. Kenangan Manis oleh Pamungkas
  14. Happy oleh Skinnyfabs
  15. Rumah ke Rumah oleh Hindia

Itu tadi lagu indie terbaik di bulan ini. Ada lagu yang Anda sering mainkan di sana? Atau Anda memiliki referensi musik indie yang lain? Siapa tahu nanti ada title lagu indie sepanjang masa karena semakin populernya genre musik ini. Siapa tahu, kan?

Apa Pendapat Anda?